LAPORAN HASIL AKSI NYATA
MODUL 1.4 BUDAYA POSITIF
PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN BERBASIS PROYEK UNTUK MEWUJUDJKAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA
I. LATAR BELAKANG
Kondisi pembelajaran pada saat ini masih banyak sekolah yang kegiatan pembelajarannya masih berpusat pada guru, dimana guru mendoninasi kegiatan sehingga siswa lebih pasif. Tuntunan dari penilain juga masih hanya sebatas pengetahuan atau pada level kognitif yang lebih ditekankan. Pdahal penilai sudah dirancang untuk dapat mencakup ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Pendidik juga masih kurang memahami karakteristik setiap peserta didik sehigga memperlakukan dengan cara disama ratakan.Setiap peserta didik adalah unik dengan karakter yang berbeda – beda . Hal – hal seperti diatas masih kami rasakan di sekolah kami.
Menurut Ki Hajar Dewantara Pendidikan adalah memberi tuntunan terhadap segala kekuatan kodrat yang dimiliki anak agar ia mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai seorang manusia maupun sebagai anggota masyarakat. Pendidik adalah pamong yang yang tugasnya menuntun segala kodrat yang ada pada anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat, bukan sebagai orang paling bisa atau narasumber dari segala ilmu. Harapannya anak belajar dengan kemampuan kodrat yang dimiliki dengan kekutan sendiri sehingga berpihak pada anak.
Menurut Ki Hajar Dewantara,
budi pekerti, atau watak atau karakter merupakan perpaduan antara gerak
pikiran, perasaan dan kehendak atau kemauan sehingga menimbulkan tenaga. Budi
pekerti juga dapat diartikan sebagai perpaduan antara Cipta (kognitif), Karsa
(afektif) sehingga menciptakan Karya (psikomotor). Tingkatan yang paling tinggi
dalam ranah tersebut adalah psikomotor atau karya. Sejalan dengan hal tersebut
tentunya hasil capaian yang paling bermakna dan bermanfaat adalah sebuah karya
atau produk. Produk dari Pendidikan dapat diwujudkan salah satunya melalui kegiatan proyek. Dengan diperbanyak proyek
dan ujuk kerja diharapkan akan memberikan pengalaman belajar bermakna bagi
peserta didik sehingga mewujudkan budi pekerti yang dapat di lihat sebagai
Profil Pelajar Pancasila.
II.
TUJUAN AKSI NYATA
Adapaun tujuan aksi nyata
yang dilakukan calon guru penggerak yaitu:
1. Mewujudkan pembelajaran yang berpusat
pada siswa ( student center )
2. Dengan penerapan pembelajaran berbasis
proyek, menumbuhkan sikap kreativitas, percaya diri, kerjasama dan saling
menghargai.
3. Dengan pembelajaran berbasis proyek,
memberikan pengalaman pembelajaran yang bernakma bagi siswa
III.
DESKRIPSI AKSI NYATA
Untuk mewujudkan apa yang
menjadi tujuan calon guru penggerak maka disusunlah beberapa langka
diantaranya;
1. Berkoordinasi
dan meminta ijin kepada kepala sekolah
2. Menyusun
RPP berbasis proyek
3. Menyampaikan
rencana kegiatan pembelajaran pada setiap proyek yang akan diberikan pada
peserta didik
4. Meyiapkan
bahan dan media yang mendukung kegiatan proyek tersebut.
Pada kegiatan aksi nyata
yang saya praktikan di SD Negeri Sidareja 01 adalah muatan terpadu yang
meliputi SBdB, PPKn, Bahasa Indonesia dan IPA. Pada kegiatan pembelajaran Siswa
diberikan proyek untuk membuat gambar poster yang berisi pesan tentang
kepedulian terhadap lingkungan. Tugas ini kerjakan secara berkelompok, dimana
setiap kelompok untuk membuat poster dengan gambar yang menarik, kalimat
persuasif, kemudian setiap kelompok nantinya mempresentasikan di depan kelas
poster tersebut dengan pembagian tugas di setiap kelompoknya. Sebelum
presentasi peserta didik membuat kesepakatan dalam mempresentasikan, agar
saling menghormati Ketika ada yang sedang mempresentsikan, dan memberikan
pertanyaan atau tanggapan setelah selesai mempresentasikan. Selain tugas
membuat poster juga ada proyek mempraktkikan secara langsung kegiatan menanam
tanaman yag berkembangbik dengan cara tunas ( lidah buaya ) yang tanaman
lainnya.Kegiatan ini akan menanamkan rasa cinta dan kepedulian terhadap
kelestarian dan kepedulian terhadap lingkungan.
IV.
TOLAK UKUR KEBERHASILAN
Adapun tolak ukur dari keberhasilan
kegiatan pembelajaran yang berbasis proyek adalah ;
1. Student center dimana siswa aktif dalam
pembelajaran.
2. Siswa kreatif dalam membuat poster,
percaya diri dalam mempresentasikan, mampu berkerjasama dalam kelompok, dan
menghargai karya orang lain.
3. Mampu menghasilkan produk/karya sehinga
memberikan pengalaman belajar yang bermakna
V.
TANTANGAN KEGIATAN
Selama kegiatan yang direncanakan tentunya tidak semua
berjalan sempurna, ada beberapa tantangan atau kendala yang muncul diantaranya;
·
Kegiatan yang dilaksanakan masih masa pandemi covid-19
sehingga kegiatan pembelajaran tatap muka dilaksanakan dengan waktu yang
terbatas dan terbagi dalam dua sesi waktu. Dengan waktu yang terbatas tentunya
kegiatan tidak bisa dilaksanakan selama satu akali pertemuan.
·
Selama kegiatan ada beberapa siswa yang tidak membawa bahan
untuk kegiatan tersebut.
VI.
PROGRAM TINDAK LANJUT
Setelah melaksanakan kegiatan dan melakukan refleksi maka
saya merencakan tindak lanjut dari
kegiatan tersebut. Adapun tindak lanjutnya antara lain ;
·
Menyusun kembali RPP berbasis proyek dengan mempertimbangkan
masa pendemi covid yang tertabatasi oleh waktu. Proyek lebih disederhanakan
kegiatannya sehingga bisa terselesikan untuk satu kali pertemuan.
·
Menyedikan peralatan dan bahan lebih awal agar semua siswa
dapat melaksanakan dengan baik.
·
Menyusun dan melaksnakan pembelajaran bebasis proyek secara
konsisten dan continue.
VII. HASIL AKSI NYATA
Hasil dari Aksi nyata pembelajaran
berbasis proyek adalah;
1. Siswa lebih aktif dalam proses
pembelajaran
2. Kreativitas siswa dalam membuat poster
semakin meningkat
3. Menumbuhkan karakter siswa yang percaya
diri dalam berkarya dan presentasi didepan teman.
4. Siswa mau berkerjasa sama dan
menghargai karya oranglain
5. Mematuhi kesepakatan yang dibuat
6. Menerima pengalaman belajar yang
bermakna pada setiap proyek pembelajaran
VIII.
LAMPIRAN DUKUMENTASI.
Dokumentasi kegiatan pembelajaran dengan berbasis proyek
pembuatan poster.
https://drive.google.com/drive/folders/1mff-VYQmsnnigY9vvO6o8KutgdHJ-oY9?usp=sharing
Dokumentasi kegiatan pembelajaran dengan berbasis proyek
penanaman
https://drive.google.com/drive/folders/1hR8dFkYCajqlEd4_gDsfKKdxZt7kYyxO?usp=sharing
Dokumentasi Testimoni siswa tentang hasil pembelajaran.
https://drive.google.com/drive/folders/1XjpFwUBgpgdnzMYE-RKAzFA6ebHsOMc7?usp=sharing
Kegiatan Proyek Membuat dan Mempresentasikan Poster dan Menanam Lidah buaya
![]() |
Mempresentasikan Poster |
![]() |
Penanaman lidah buaya |
![]() |
Proses Mengolah media tanam |
0 Response to "PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN BERBASIS PROYEK UNTUK MEWUJUDJKAN PEMBELAJARAN YANG BERMAKNA."
Post a Comment